Rabu, 12 Januari 2011

Apa sih Malware itu....???

          Berbicara soal malware tentunya sedikit ada bayangan bahwa malware itu semacam virus yang dapat merusak system yang ada di komputer. Namun malware sering disebut adalah sebuah program atau aplikasi yang diciptakan untuk mengubah, merusak hingga mencuri data-data pribadi orang lain yang terdapat pada komputer yang telah terinfeksi malware tersebut. Diciptakannya malware memiliki beragam tujuan dari sang pencipta, seperti untuk memata-matai aktivitas orang lain, mengambil data-data pribadi dan masih banyak lagi.
          Berikut adalah jenis-jenis yang dapat merusak system komputer anda, diataranya :
     1.  Worm 
          Worm dapat diartikan sebagai cacing komputer yang dapat menyebar melalui lubang-lubang port yang terbuka lebar. Selain dari pada itu ia pun dapat menggandakan diri dengan cepat yang mengkibatkan kapasitas memori komputer terpakai habis sehingga komputer menjadi hang.
     2.  Virus
          Virus komputer merupakan sebuah program yang memiliki kemampuan tidak jauh berbeda dengan worm yaitu dapat dengan cepat untuk menggandakan dirinya, memanipulasi data, menginfeksi data bahkan dapat mengubah dan merusak program lainnya.
     3.  Trojan
          Trojan adalah suatu program yang memiliki kemampuan untuk tidak terdeteksi dan seolah-olah tidak mengubah atau merusak system dari Windows. Trojan bersembunyi dengan masuk melalui port tertentu dan menunggu diaktifkan oleh penyerangnya. Kemampuan-kemampuan yang dimiliki Trojan, diantaranya :
           a.  Menghapus file
           b.  Mengirim dan mengambil file
           c.  Menjalankan program-program aplikasi
           d.  Menampilkan gambar
           e.  Mengintip program-program yang sedang berjalan
           f.   Menutup program-program yang sedang berjalan
           g.  Membuka dan menutup CD-ROM drive
           h.  Mengirim pesan dan mengajak berbicara (Chatting)
           i.   Mematikan komputer dengan sendirinya
     4.   Backdoor
           Backdoor adalah suatu program yang dapat memberikan ijin pada pengguna lain untuk menjalankan perintah pada komputer yang telah terinfeksi tanpa diketahui oleh pengguna komputer tersebut.
     5.   Spyware
           Spyware software mata-mata yang bertujuan untuk melakukan pengamatan dan memberikan informasi yang didapat kepada sang pembuatnya.
     6.   Hijackers
           Hijackers adalah sebuah program yang dapat mengubah atau menambah fungsi dari aplikasi Internet Explore dan membuat pengarahan langsung pada situs-situs tertentu yang biasanya situs tersebut telah tersisipi oleh virus dan ini dilakukan pada saat Internet Explore dibuka.
     7.  Wabbit
          Wabbit adalah program yang sifatnya mirip seperti worm hanya saja ia hanya bersifat lokal dan tidak memerlukan jaringan internet.
     8.  Keylogger
          Keylogger merupakan sebuah program yang bertujuan untuk mencatat setiap huruf yang diketikkan pada keyboard.

semoga ini dapat bermanfaat bagi para pembaca yang budiman...!!!

0 komentar:

Posting Komentar